BELAJAR BAHASA JEPANG BAB 3 BELAJAR HURUF KATAKANA (片仮名) (1-3)

 Huruf Katakana (片仮名) digunakan untuk menuliskan kata-kata serapan atau kata asing bagi bahasa Jepang. Kata-kata asli yang berasal dari bahasa Jepang tidak bisa ditulis menggunakan huruf katakana. Selain itu, Huruf Katakana juga bisa berfungsi untuk menuliskan nama orang. Huruf Katakana memiliki huruf standar seperti pada huru Hiragana.

 Katakana

Contoh :
KAMERA (カメラ) = Kamera
TESUTO (テスト) = Test
ARUBAITO (アルバイト) = Kerja Paruh Waktu

 

 

Katakana Dakuon

Sama dengan huruf hiragana Dakuon, Katakana Dakuon berasal dari huruf standar yang dimodifikasi dengan tambahan tanda titik dua di kanan atas (disebut tenten) atau bulatan kecil (disebut maru)

 

 

Katakana Dakuon

 

Katakana Yoon

Bunyi huruf Katakana Yoon sama dengan Hiragana Yoon, yaitu berasal dari beberapa huruf standar yang diikuti atau digabung dengan huruf HiraganaYA(), YU(), YO(). Ketiga huruf tersebut harus ditulis lebih kecil daripada huruf standarnya.

katakana yoon

Selain itu, perbedaan hiragana yoon dengan katakana yoon adalah, katakana yoon memiliki varian huruf yoon yang lainnya, bisa menggunakan huruf vokal seperti huruf katakana A(), I(), U(), E() dan O()

 

katakana yoon
Oke.. Gambar diatas bukan untuk dipandang ya.. Tetapi untuk dihafalkan. Jika Anda sudah hafal, kita langsung menginjak ke Cara Penulisa huruf Katakana. Sampai Ketemu di kelas berikutnya.

Terima kasih atas kunjungan anda , Berkomentarlah sesuai topik diatas dan jangan menaruh link aktif :)

Terima kasih
EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.

About

Everada